17 APRIL 1960

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

10 Februari 2019

Motto Pemalang IKHLAS


Untuk memberikan daya dorong (motivasi) bagi masyarakat Kabupaten Pemalang dalam melaksanakan pembangunan telah ditetapkan Motto Pembangunan dalam Perda Kabupaten Dati II Pemalang No. 11 Tahu 1990 dinyatakan “Motto Pembangunan Kabupaten Pemalang adalah IKHLAS”. Yang diundangan dalam Lembaran Daerah Kabupaten Dati II Pemalang No. 6 tanggal 5 Maret 1991. Mottor Pemalang IKHLAS Mengandung arti bahwa seluruh warga Kabupaten Pemalang denga tulus hati, dengan hati bersih tanpa pamrih dan selalu percaya kepada kebesaran dan kemurahan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa serta berserah diri kepada-Nya (lillahi ta’ala) dalam melaksanakan pembangunan.

Baca Juga : Nama Pemalang IKHLAS

Mottor Pemalang IKHLAS kecuali mengandung pengertian sebagai berikut di atas juga merupakan singkatan dari Indah, Komukatif, Hijau, Lancar, Aman dan Sehat (arti akronimnya). Masing-masing kata mengandung arti sebagai berikut :
1.    INDAH
Mengandung arti cita-cita kehidupan yang elok, bagus, berharga, bernilai keindahan (estetika/artistik) sedap dipandang mata dirasakan dan diresapi lahir dan batin.

2.    KOMUNIKATIF
Mengandung arti cita-cita kehidupan yang terbuka, mudah berkomunikasi mudah diajak bicara, mudah dikenal, menyatu luluh terpadu dalam semua gerak pembangunan.

3.    HIJAU
Mengandung arti cita-cita kehidupan yang gemah ripah loh jinawi penuh dengan hamparan tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan, hijau royo-royo, damai dan tenang.

4.    LANCAR
Mengandung arti cita-cita kehidupan yang ingin selalu melangkah maju dengan mantap, tanpa ragu-ragu, bebas dari hambatan dan tekanan dari siapapun juga.

5.    AMAN
Mengandung arti cita-cita kehidupan yang tata tentrem lahir dan batin, tidak merasa takut atau khawatir, tidak ada ancaman atau rongrongan, serta menciptakan/mewujudkan daya tangkal yang kuat terhadapa semua ancaman, tantangan hambatan dan gangguan dari manapun.

6.    SEHAT
Mengandung arti-cita-cita kehidupan yang seimbang sehat jasmani, rokhani dan sosial serta masyarakat yang bersemangat tinggi dan bergairah untuk membangun. Sehat juga mengandung pengertian kesejahteraan lahir dan batin bagi warga masyarakat seluruhnya.

IKHLAS sebagai Motto Pembangunan dalam kegiatan pembangunan merupakan daya dorong (sumber motivasi) yang perlu diresapi dan dilaksanakan, baik oleh orang perseorangan,  kelompok maupun masyarakat secara keseluruhan. Dengan demikian pula Motto Pebangunan ini perlu diresapi  dan dilaksanakan oleh aparatur pemerintahan di Kabupaten Pemalang yang terpancar dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

Pada hakikatnya pembanguan di Kabupaten Pemalang adalah pembangunan manusia seutuhnya danmasyarakat seluruhnya, baik jasmani maupun rokhani, materiil maupun spiritual, lahir maupun bathin serta dunia akhirat. Oleh karena itu sukses tidaknya pembanguan di Kabupaten Pemalagn sangat tergantung kepada keikutsertaan (partisipasi) selurh warga masyarakat dan dedikasi aparatur pemerintahan di Kabupaten Pemalang serta keridhoan Tuhan Yang Maha Kuasa.


Sumber : Riwayat/Sejarah Pemalang. Digandakan oleh Bagian Pemerintahan Setda Kab. Pemalang tahun 2004

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_firmansyh
Join Our Newsletter