0817-174-1960

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

17 Februari 2019

Ampas Tahu Bisa Menjadi Pakan Alternatif Lele


Bagi anda yang menjalankan budidaya lele tentu sudah faham jenis pakan untuk budidaya lele. Namun jika pakan yang anda beli di toko harganya cukup mahal tentu bisa menjadi masalah tersendiri dalam pembelian pakan. Namun anda tidak perlu khawatir jika anda ingin menghemat pembelian pakan, yakni dengan membuat pakan alternatif untuk budidaya lele. 

Baca Juga : Ada 6 Jenis Makanan dan Minuman Pemicu Sakit Maag

Jika diwilayah anda dekat dengan home industri pembuatan tahu, hal ini sangat menguntungkan karna bahan pembuat pakan alternatif bisa kita buat dari sisa pembuat tahu. Pakan alternatif “Ampas Tahu” merupakan pakan buatan dengan bahan utama tahu dicampur berbagai bahan lain. Pemberian pakan alternatif ampas tahu dengan tujuan agar lele dapat berkembang seperti di habibat aslinya yaitu makanan yang berasal dari bahan organik dan ikan lele akan tumbu dengan baik.

Selain mengurangi limbah dari ampas tahu, pemberian pakan dari ampas tahu juga dapat menekan pengeluaran biaya dimana harga pakan lele yang berbentuk pellet harganya cukup mahal, saat ini harga pakan lele sendiri sudah dikisaran Rp 15.000 keatas. Jika kita cukup beruntung untuk mendapatkan pakan lele organik dengan gratis akan baik sekali, kalaupun bayar Cuma berkisar Rp 2.000 – 3.000 perliter atau pun kg fermentasi ampas tahu. Persiapkan beberapa bahan untuk membuat Pakan Alternatif Lele dari Ampas Tahu seperti berikut :
  1.  Ampas Tahu 5 kgProbiotik 200 ml
  2. Ragi Tempe 2 sdm
  3. Tepung Ikan 1 kg
  4. Tetes Tebu/Molase 1 liter
  5. Dedak Halus 5 kg
Jika persiapan bahan-bahan pendukung sudah ada, campurkan seluruh bahan dan aduk rata kemudian masukkan ke dalam wadah bisa ember/kantong plastik/drum  yang diberi lobang udara untuk selang yang berfungsi  mengalirkan udara/gas yang ujung gasnya ditutup plastik atau bekas gelas air mineral tetapi jangan terlalu tertutup rapat (sebagian terbuka untuk keluar masuknya oksigen). Kemudian simpan dan biarkan selama 5 hari agar terjadi proses fermentasi secara alami.

Jika sudah 5 hari masa fermentasi pakan lele dari ampas tahu bisa kita manfaatkan dengan ketentuan seperti berikut :
  1. Frekuensi pemberian pakan lele organik dari ampas thau bisa 2 – 3 kali sehari diberikan pada pagi dan siang hari.
  2. Pemberian jangan bersamaan dengan pemberian pellet ikan
  3. Prosentase pemberian 5% dari Biomas Ikan (1,5 – 2 kali jumlah pemberian pakan pellet).
  4. Bisa diberikan secara langsung ke lele dengan cara dikepalkan sehingga lele bisa mengkonsumsi secara langsung.
  5. Disarankan diberikan ke lele yang umurnya diatas 1 bulan dari penebaran ukuran benih 5-7, sebelumnya bisa diberikan dari hasil fermentasi dan pakan alami pupuk kandang.

Demikian cara membuat pakan lele dari ampas tahu yang bisa kita dapatkan disekeliling kita, semoga berhasil.


Sumber : http://www.alamikan.com/2012/05/cara-membuat-pakan-alternatif-lele-dari.html

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter