0817-174-1960

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

8 Desember 2018

Sistem Konstruksi Rumah Idaman


Dengan sistem konstruksi yang efektif dan efisien, banyak hal yang bisa Anda hemat antara lain biaya dan waktu, disamping juga ramah lingkungan. Membangun rumah idaman yang aman dan nyaman tidak harus memakan waktu lama yang bisa mengakibatkan pembengkakan biaya. Saat ini Anda bisa menerapkan sistem kontruksi yang efektif dan efisien, yang tidak hanya hemat dari segi biaya, tapi juga waktu pengerjaannya. Mengingat biaya membangun rumah yang tidak sedikit, maka adanya alternatif cara membangun tentunya patut dipertimbangkan.


Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Konstruksi Yang Efektif Dan Efisien?
Sistem konstruksi yang efektif memungkinkan bangunan mendistribusikan beban yang diterimanya melalui seluruh elemen bangunan. Contohnya, dengan distribusi beban yang lebih merata maka dinding dengan kolom berukuran besar dapat dihindarkan. Dengan sistem yang mengurangi panggunaan cetakan/bekisting dan penggunaan elemen pracetak, konstruksi menjadi lebih efisien karena waktu, biaya, dan bahan dapat dikurangi.

Misalnya saja saat akan memasang dinding. Setelah pondasi selesai dibuat, ahli bangunan (tukang) harus membuat cetakan sloff dari kayu. Kemudian, setelah besi tulangan dipasang dan beton di cor, sloff mesti ditunggu sampai mengeras sebelum cetakan kayunya dibuka, dan dilanjutkan dengan pemasangan bata pada lapisan pertama bata. Artinya, hanya memasang dinding saja memerlukan tahapan yang panjang. Belum pengerjaan yang lainnya.

Bayangkan kalau pemasangan bata sudah dapat dilakukan tanpa perlu membuat cetakan kayu dan juga menunggu beton sloof mengeras. Tentu efisien, bukan?

Apakah Konstruksi Yang Efisien Mampu Memerlukan  Standar Yang Sudah Dilakukan?
Standar kelayakan suatu konstruksi rumah bukan hal yang ditawar lagi. Pengertian efisien di sini bukan dengan cara memasang elemen bangunan atau menggunakan material berkualitas rendah. Konstruksi yang efisien justru menerapkan teknologi mutakhir dengan dukungan material berkualitas nomor satu sehingga memenuhi strandar konstruksi rumah sehat yang aman dan nyaman.

Konkretnya, Seperti Apa, Sih, Konstruksi Yang Boleh Dibilang Inovatif Ini ?
Konstuksi rumah yang efisien dan efektif memiliki 5 sitem pengerjaan yang semuanya terintegrasi dengan baik.
1.   Sistem rangka dan dinding partisi. Dalam sistem ini, kolom dan balok menjadi elemen utama pemikul beban.
2.    Sistem dinding penahan beban. Untuk membangun dinding sekaligus memperkuat kolom.
3.    Sistem atap. Untuk menutup struktur atap yang bisa dibangun dari kayu atau besi/baja.
4.   Sistem kusen & pintu jendela. Untuk membuat bukaan digunakan pintu dan jendela pracetak dengan engsel dan kuncu yang terpaut.
5.    Sistem pelat. Untuk membuat pelat atap dan pelat lantai.

Apa Keunggulan Sistem-Sistem Tersebut?
Kemudahan dalam pengembangan rumah di kemudian hari (pengembangan modular), waktu pembangunan lebih cepat. Tidak menghabiskan banyak kayu serta lebih sedikit limbah konstruksinya.

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter