0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

8 November 2018

Ragam Manfaat Daun Katuk


Daun herbal dalam hal ini Daun Katuk yang sudah banyak dikenal kaum Ibu dalam melancarkan ASI. Ada manfaat yang belum kita ketahui selain selain dalam melancarkan ASI, daun yang satu ini juga mempunya banyak kandungan gizi yang membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun katuk yang dalam bahasa latinnya disebut Sauropus Androgynus adalah tumbuhan yang banyak ditemukan dikawasan Asia Tenggara. Daun katuk merupakan sayuran minor yang sudah kita kenal baik dalam memperlancar ASI bagi para Ibu. Daun katuk juga bisa kita gunakan untuk menyayur, daun katuk adalah bahan makanan sehat dan juga enak.


Daun yang termasuk dalam tanaman perdu ini jika tumbuh, tingginya bisa mencapai dua hingga tiga meter. Daunnya tumbuh berselang-seling di tiap tangkai. Bentuk dari daunnya lonjong meruncing, tulang daunnya menyirip, tepian daun rata, serta pangkalnya tumpul. Saat daun katuk muda warna daunnya sangat hijau, namun menjadi cokelat kehijauan ketika sudah tua. Daun katuk mempunyai bunga yang berwarna ungu.

Manfaat Daun Katuk
Seperti sedikit ulasan diatas daun katuk yang kita ketahui dalam memproduksi ASI. Namun, banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, manfaat daun katuk tidak hanya sekedar meningkatkan ASI saja. Ada banyak manfaat yang bisa kita perolah dari daun katuk. Berikut kita ulas beberapa manfaat daun katuk :

1. Efektif untuk melancarkan ASI bagi ibu yang tengah menyusui. Senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin A, B, dan juga C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya.

2. Daun katuk juga kaya akan vitamin A, B1 dan C. Seperti senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin, dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai bahan obat alami.

3. Daun katuk juga dapat menyembuhkan penyakit anemia. Penyakit anemia atau kurang darah bisa di atasi dengan daun katuk. Kandungan zat besi sangat banyak dalam daun katuk, dalam 100 gram daun katuk terdapat 2,7 miligram zat besi, sementara kalsium dalam daun katuk lebih banyak 4 kali ketimbang kalsium dalam daun kol.

4. Kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naiknnya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsi daun katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya.

5.    Daun katuk dapat mencegah osteoporosis, kalsium yang terdapat di dalamnya cukup baik, cocok untuk dikonsumsi oleh kaum perempuan yang tidak ingin terkena osteoporosis. Kalsium hingga 2,8%, besi kalsium, dapat diolah seperti manfaat kangkung atau manfaat bayam.

6. Katuk juga dapat menyehatan mata. Kandungan betakorotin yang tinggi dan vitamin A yang dipercaya membantu mencegah gangguan mata.

7.    Mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi gejala penyakit anemia.

8. Sebagai sumber manfaat vitamin A yang diperlukan untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, dan reproduksi.

9. Terdapat tujuh senyawa aktif yang merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eiksonoid.

10. Kandungan kalori, protein dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan manfaat daun pepaya dan manfaat daun singkong. Sedangkan kandungan zat besi dan proteinnya lebih tinggi dari pada kedua jenis daun tadi.

11. Tahukan kamu bahwa daun katuk mengadung kolagen.? Jadi manfaat dan khasiat daun katuk yaitu sebagai pengangkut lemak tubuh, meningkatkan immune tubuh, menyehatkan gusi, meningkatkan fungsi otak, mengendalikan kolesterol dalam darah dan mampu menyembuhkan luka dengan cepat.

Kandungan Nutrisi
Di dalam daun katuk terdapat banyak kandungan zat-zat yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Katuk mengadung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun katuk kaya akan vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), vitamin B, dan vitamin C. Selain itu daun juga mengadung kalsium (hingga 2,8%), besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. Klorofil juga terbukti banyak dalam daun katuk ini, daun katuk yang berwarna hijau adalah bukti kalau daun ini banyak mengandung klorofil di dalamnya.

Banyak penelitian menyebutkan, kandungan kimia yang dikandung daun katuk, yaitu sterol yang mempunyai sifat hormonal yang memicu produksi ASI sehingga menjadi lebih banyak. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa daun katuk mengandung efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza. Maka dari itu sering-sering mengkonsumsi daun katuk.


Sumber : Majalah Islami. Hikmah. Mei 2016

1 komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter