0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

12 Oktober 2018

Mengenal Drs. Soehoed Putra Sulang Rembang yang Memimpin Batang Tahun 1988


Sejak Gubernur Jateng Mochtar menyatakan Batang sebagai Kabupaten, dengan ibukotanya Batang April 1966, Bupati I yang menangani daerah otonom ini adalah R. Sadi Poerwpranoto. Lalu diteruskan oleh R. Harjono Projodirdjo. Drs.Soejitno memimpin Batang sejak 1972-1979, lalu diganti oleh Drs. Soekirdjo dan sejak 26 Juli 1988, Batang dipimpin oleh putra desa Pomahan, kecamatan Sulang, Rembang, Drs. Soehoed. Lahir 17 Juni 1938, Soehoed adalah anak ke 7 dari 12 bersaudara dari pasangan Bp. Djoeremi, seorang buruh tani yang pernah berpenghasilan dari mencari kayu dihutan. 


Maklum, Pomahan adalah desa ditepi hutan. Soehoed menyelesaikan SD, SMP dan SMA lalu meneruskan ke Fak. Sospol UGM di Yogya. Soehoe merupakan satu-satunya sarjana dari Pomahan, Sulang, Rembang yang kemudian bekerja di Kabupaten Rembang tahun 1968, dari Proyek Bimas, Kabag Pembangunan, kemudian diangkat sebagai Sekwilda tahun 1974 di Kabupaten Rembang. Tahun 1978 menjadi Sekretaris Pembantu Gubernur untuk wil. Pekalongan dan ikut mendirikan Unikal (dulunya Sekolah Tinggi Ekonomi Pekalongan), pernah jadi Dekan Fak. Ekonomi dan Purek III Unikal. 

Tahun 1982 sebagai Kabid Sosbud Bappeda Jateng dan Sekretaris Bappeda, 26 Juli 1988, dilantik sebagai Bupati Batang. Menikah dengan Soemaryati dan dikaruniai 6 orang putra namun hanya 4 orang saja yang hidup. Dalam perjalanan hidupnya, Drs. Soehoed memiliki pedoman sederhana namun ampuh, yaitu selalu menerima segala sesuatu itu adalah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, semua pekerjaan dan jabatan, sama mulianya, jika dilakukan dengan baik-baik, suka humor, aktif dibidang keagamaan dan sosial, serta masyarakat. Sedang dalam menjalankan tugasnya sebagai Bupati Kepala Daerah Drs. Soehoed selalu membawa ASPRO. Bukan obat kepala pusing, tetapi [A]krab, [S]opan, [Pro]porsional.

Sumber : Majalah Krida. Edisi 176

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter