0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

18 September 2018

Terapi Air Bagi Kesehatan


Air. Tentunya banyak pertanyaan kita tentang air semisal.
Bagaimana rasanya jika sehari saja Anda kekurangan air? Dan, apa sebenarnya khasiat air bagi kesehatan? Lalu, mengapa kita perlu minum air putih sebanyak-banyaknya? Seperti itulah beberapa pertanyaan tentang air, sehingga pada dasarnya kita memang tidak mungkin hidup tanpa air. Untuk tubuh saja, kita harus minum kurang lebih 2 liter air sehari. Air memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, sehingga dapat kita bayangkan bagaimana jika manusia sampai kurang minum air putih. Sehari saja kita tidak minum air tubuh bisa terasa amat lelah, bahkan bisa menimbulkan dehidrasi. Namun, perlu juga diketahui, sebenarnya, rasa haus yang kita rasakan merupakan mekanisme yang normal dalam mempraktekkan asupan air dalam tubuh.

Baca Juga : Berikut Manfaat Susu Untuk Kecantikan

Manfaat Air dalam Tubuh Manusia
Sejak bayi dalam kandungan, air menjadi unsur terpenting dalam kehidupan. Manusia membutuhkan air tidak hanya untuk minum, mandi, tetapi juga untuk kesehatan dan kekuatan tubuh. Seseorang yang kekurangan  makan dapat bertahan beberapa hari, tapi kekurangan air sangatlah vital sebab air merupakan bagian terbesar dari komposisi tubuh manusia. Di dalam tubuh manusia, kandungan air rata-rata 60-70% berat badan orang dewasa. Namun, khusus pada wanita, kandungan airnya lebih sedikit, sebab komposisi lemak di tubuh wanita lebih banyak. Demikian pula pada orang gemuk, atau orang lanjut usia. Sementara, pada anak-anak kandungan airnya lebih banyak yakni 75% dari berat badannya.

Manfaat air dalam tubuh manusia antaranya untuk melancarkan transportasi zat-zat gizi, mengatur suhu tubuh, keseimbangan cairan, dan garam mineral, serta mengeluarkan bahan sisa metabolism. Selain dari makanan dan minuman, asupan air didapat dari metabolism jaringan di dalam tubuh. Sedangkan pengeluarannya dapat melalui air seni (kurang lebih 1 liter per hari), tinja, keringat, dan saluran pernafasan. Kekurangan air di dalam tubuh, bisa disebabkan kurangnya konsumsi air minum dan terjadinya penguapan cairan tubuh yang berlebihan, yang bisa diakibatkan demam, suhu udara tinggi, dan kelembaban udara yang rendah. Oleh karena itu, orang yang bekerja di ruangan ber-AC sebenarnya harus lebih banyak minum air putih dibandingkan orang yang bekerja di ruangan tanpa AC. Perlu juga diketahui dehidrasi dan kekurangan cairan tubuh hingga 10% dapat membahayakan keselamatan nyawa manusia.

Sementara diare, kelainan ginjal, luka bakar, dan penggunaan obat diuretik yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kekurangan air dan zat elektronit (seperti natrium dan klorida). Air yang diminum sebaiknya harus didihkan dahulu supaya bersih, bebas kuman, dan tidak tercemar zat-zat kimia yang berbahaya, selain harus memperhatikan kejernihan, warna, bau, dan rasanya. Air minum dalam kemasan hendaknya juga telah diproses dan memenuhi syarat-syarat kesehatan. Pengujian kualitas air di laboratorium juga dapat dilakukan bila ada gangguan saat mengkonsumsi air minum.

Terapi Air untuk Kesehatan
Sudah sejak zaman dahulu manusia menggunakan air untuk berendam dan sarana pengobatan. Mandi air panas diikuti dengan mandi air dingin depat meningkatkan gairan hidup dan melenyapkan rasa sedih. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari terapi air, terutama pada system peredaran darah, pencernaan, dan system otot. Pada system peredaran darah, terapi air dapat memperkuat jantung, meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke sel-sel, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi limfe. Pada system pencernaan, terapi baik untuk relaksasi pada otot-otot perut dan pencernaan, dan menstimulasi aktivitas lever dan ginjal.

Untuk system syaraf, efeknya lebih untuk meningkatkan kesegaran jiwa dan pikiran. Untuk kulit, terapi air dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit, menstimulasi darah untuk member makanan pada kulit, serta merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Terapi air hangat (kurang dari 37 (C) dapat menghilangkan ketegangan otot akibat sulit tidur, terkena influenza, stress atau nyeri kepala dan ketegangan otot, atau jika mengalami tekanan darah tinggi.

Contohnya, untuk menurunkan demam, Anda dapat mengompres kepala dengan air hangat. Sedang untuk cidera otot dan memar, kompres air es dapat menghentikan pendarahan, serta mengurangi bengkak dan rasa sakit. Air juga baik untuk terapi kesehatan. Misalnya, jika wajah dan mata Anda lelah, Anda lelah, Anda bisa membasuh wajah dengan air hangat dan mengkompres mata dengan air dingin. Pentingnya minumnya air mineral bagi kesehatan tubuh. Karena, selain mendapat asupan mineral dari makanan, tubuh kita juga memerlukan asupan mineral dari minuman.


Sumber : Majalah Intisari Agustus 2001

1 komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter