0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

22 September 2018

Mengurangi Nyeri Perut Akibat Kolik


Ada banyak trik untuk menenangkan si kecil. Tapi Anda mungkin harus banyak bersabar sebelum menemukan trik mana yang paling jitu meredakan tangisannya. Apalagi bila si kecil belum lama lahir, dan Anda belum dapat membedakan arti tangisannya. Padahal tangisan bayi bisa disebabkan oleh banyak hal. Nah, sekarang tarik napas dalam-dalam, dan cobalah trik berikut satu persatu.


BUATLAH BUNYI-BUNYIAN
Ada bayi yang suka mendengarkan bunyi-bunyian. Selain suara dari mainan, suara Anda juga merupakan favorit si kecil. Cobalah bernyanyi dengan nada yang menyamankan.

PIJAT DAPAT MEMBANTU
Apakah Anda sudah mencoba jurus yang satu ini? Cobalah memijat bagian perutnya searah jarum jam dengan tekanan yang ringan namun konsisten. Gunakan minyak telon supaya lebih hangat. Memijat sudah terbukti dapat membantu bayi tidur dan memicu produksi hormon oxytocyin yang mengurang rasa sakit.

UBAH TEKNIK MENYESUI ANDA
Selama menyusui, jauhi makanan yang dapat menimbulkan gas dalam perut, seperti brokoli, kol dan kacang lentil. Untuk sementara, puasa dulu makan makanan yang pedas, juga jangan minum kopi selama menyesui. Menurut Katie Fisher, ahli kesehatan pilihan di Inggris, ketika menyusui, jangan terlalu cepat mengganti payudara supaya bayi Anda mendapatkan bagian ASI yang penuh dengan lemak, bukan kepala susu saja. Jika Anda merasa belum fasih dengan teknik menyusui yang benar, silahkan kunjungi Klinik Laktasi di beberapa rumah sakit bersalin. Di sana Anda akan diajarkan cara menyusui yang benar secara privat.

JANGAN PANIK
Usahakan Anda tetap tenang. Jika Anda sudah mencoba segala cara dan si kecil masih juga menangis, letakkan si kecil di dalam keranjang dan biarkan ia sendiri untuk beberapa waktu. Anda berdua mungkin sama-sama perlu waktu untuk sendiri. Dan bila si kecil lelah, ia akan berhenti menangis sendiri.

DEKAP SI KECIL ERAT

Temukan posisi menggendong yang dapat menangkan si kecil ketika ia rewel. Umumnya, posisi paling mujarab adalah ketika bagian perutnya menempel pada tubuh Anda. Pada posisi tersebut, tubuh Anda akan mengalirkan hangat ke perutnya sehingga membantu angin dalam perutnya keluar.

BANYAK BERGERAK
Alihkan perhatian si kecil dengan berjalan-jalan di sekita rumah. Tunjukkan sesuatu yang menarik perhatiannya, seperti bintang atau cecak, dan nyanyikanlah lagunya.

Yang paling penting dalam meredakan kolik adalah memeluk si kecil sesering mungkin.

Sumber : Mother & Baby. Januari 2008. www.motherandbaby.co.id

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter