0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

1 September 2018

Makanan Yang Tidak Boleh di Berikan Kepada Bayi


Jika bayi anda sudah berusia 6 bulan, dan selama kurun waktu 6 bulan diberikan ASI eksklusif. Bayi anda dapat diberikan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun yang perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua makanan atau minuman boleh diberikan kepada bayi.

Baca Juga : Lingkar Pinggang Anda Akan Terpengaruh Jika Tidur di Ruangan Terang 

Seorang Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Dr. dr. Damayanti R. Syarif, Sp.A(K) menyampaikan bahwa beberapa makanan sebaiknya tidak diberikan kepada bayi. Menurut Dr. dr. Damayanti R. Syarif, Sp.A(K) daam sebuah acara Promina Meet The Expert di Jakarta menyampaikan bahwa “Memang ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada bayi. Bayi itu maksudnya di bawah usia 1 tahun.”

Berikut daftar bahan pangan yang tidak direkomendasikan untuk bayi berusia kurang dari satu tahun :
1.    Makanan Tidak Matang
Makanan tidak matang sempurnya juga seharusnya tidak diberikan kepada bayi. Contohnya, telur setengah matang. Dr. dr. Damayanti R. Syarif, Sp.A(K) menjelaskan, telur setengah matang masih mengandung bakteri salmonela. “Jadi kasih telur yang matang. Kalau mau berikan daging ayam juga harus matang.”

2.    Madu
Madu memang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, bayi atau anak berusia dibawah satu tahun sebaiknya tidak diberikan madu. Dr. dr. Damayanti R. Syarif, Sp.A(K) menjelaskan, madu mengandung spora clostridium. “Bayi belum bisa mengeluarkan spora itu sehingga bisa berkembang. Nanti Gejalanya bisa kesadaran menurun, kejang-kejang, orang enggak pernah mikir itu makanan,” ungkap Damayanti.

3.    Gula Padat
Gula padat seperti permen tentu saja sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena mereka belum bisa mengunyah dengan sempurna. Pemberian gula padat dapat membuat bayi tersedak atau menyumbat saluran nafasnya.



Sumber : Koran Radar Tegal

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter