0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

20 September 2018

Ayo Nak, Dengarkan Mama


Sudah dibujuk dan diancam, masih saja si kecil tidak menurut. Tenang, ada seninya agar ia mau mendengarkan Anda. Berbicara dengan anak balita kadang-kadang bisa mengurangi tenaga Anda. Si kecil tampak seperti anak yang keras kepala padahal itu disebabkan karena rentang perhatiannya masih sempit. Kemampuan berbahasanya juga belum sempurna sehingga ia mungkin kurang paham dengan permintaan Anda. Ditambah lagi, di usia ini kemauannya sekeras baja. Jangan putuskan untuk menyerah dulu. Karena mau tidak mau, Anda memang harus berbicara atau bahkan melarangnya melakukan sesuatu yang mungkin membahayakan diri si kecil. Sekarang, tarik napas yang panjang dan lakukan tip berikut ini :


PANGGILLAH NAMANYA

“Menyapa dengan nama merupakan senjata yang sangat ampuh untuk menarik perhatian siapa pun. Termasuk juga balita Anda. “jelas Clare. “Memanggil si kecil adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatiannya,” tambahnya. “Ketika si kecil mulai mengacuhkan Anda, coba dekati dirinya. Tatap matanya dan panggil namanya dengan nada yang tegas dan berwibawa. Bukan dengan nada marah. Dijamun pasti perhatiannya akan teralih kepada Anda.” Kata Clare lagi.

PUJILAH SI KECIL
Suatu saat, tingkah laku si kecil memang seakan tidak terkendali. Baru saja ia berada di samping Anda, tiba-tiba saja ia merebut mainan adiknya, lalu membantingnya karena bosan. Tentu sulit bagi Anda untuk menahan emosi di saat-saat seperti ini. Namun semakin kencang suara Anda memarahinya, semakin si kecil merajalela. Di telinganya, suara Anda hanya merupakan bunyi bising yang tak perlu didengah. Ya, dia sedang membentengi dirinya. 

NEGOSIASI, JANGAN MENDIKTE
Pernahkan Anda menolak melakukan sesuatu karena seseorang memerintah Anda? Seorang anak balita sudah mulai punya harga diri dan mulai menunjukka agonya, maka ia juga tidak suka bila diperintah. Namun ia juga belum bisa memutuskan mana yang terbaik untuk dirinya. Oleh sebab itu, bantuan Anda masih tetap diperlukan. Kuncinya, Anda sebaiknya tahu yang ia inginkan, lalu bernegosiasilah. “Jika Anda ingin agar si kecil mendengarkan Anda, buatlah pilihan yang mempersempit keingiannya,” kata Clare Geleard, kepala perusahaan nirlaba | can, yang membantu anak-anak yang memiliki masa berkomunikasi di Inggris.

“Jika si kecil ingin minum, bantulah ia dengan memberikan dua pilihan. Tanyakan ”Ade mau minum air putih atau sari buahnya?” Pilihan tersebut tidak hanya memudahkannya, namun juga membantu kemampuan berbicara, karena Anda ‘memaksanya’ mengeluarkan suara untuk memilih”. Namun Anda sebaiknya berhati-hati dengan pilihan kata Anda. Jangan membuatnya bingung dengan memberikan pilihan bias, dengan mengucapkan kalimat seperti “Kamu maunya apa?”. Dengan pertanyaan seperti itu, bisa-bisa si kecil baru akan menjawab setengah jam kemudian.

TATAP LANGSUNG MATANYA
“Jika Anda ingin hasil pembicaraan Anda dengan si kecil efekfit, sebaiknya Anda menurunkan tinggi Anda hingga sejajar dengannya. Dengan demikian Anda dapat menatap matanya,” saran Clare, “Cara lain yang terbukti ampuh adalah dengan menyentuhnya. Sambil berbicara. Anda bisa memegang pundahnya atau menggenggam tangannya. Sentuhan ini akan membuatnya menoleh kepada Anda dan ototmati ia akan mendengarkan Anda,” tambah Clare. Jangan lupa, sentuhan juga mempunyai efek ajaib yang dapat meningkatkan kedekatan antara hubungan Anda dengan balita Anda. Jadi, sering-seringlah memeluknya.


Sumber : www.motherandbaby.co.id. Januari 2008. Mother & Baby

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter