0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

2 Oktober 2016

Backpacker To Malang dan Gunung Bromo

Bandara Abdul Rahman Saleh Malang

Mendekati bulan oktober 2016, dua tahun yang lalu pada bulan oktober tahun 2014 saya beserta sahabat, Retno Slamet Riyadi dan juga Dedy Susilo melaukan perjalanan yang tidak direncanakan sama sekali. Awal mula dimana mas retno telfon dan mengajak pergi ke Malang, sebuah kota di Jawa Timur yang jauh dari Jakarta. Setelah merasa pasti, maka berangkatlah tiga orang dari rumah sahabat di daerah Karet Jakarta Pusat jam 3 pagi menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang menggunakan Taxi dengan tujuan Bandara Abdurahman Saleh Malang Jawa Timur. Dengan menggunakan pesawat Sriwijaya Air yang sudah kita pesan sebelumnya :


Berikut gambaran backpacker ala dadakan bersama mas retno dan juga sahabat dedy susilo :

1. Dari Jakarta pukul 03:00 pagi ke Bandara Soekarno-Hatta menggunakan Taxi. (Video : Gunung Bromo)

2. Tiket pesawat Sriwijaya Air pukul 06:00 pagi dengan tujuan Bandara Abdurahman Saleh Malang Jawa Timur (Tiket pesawat pulang pergi untuk satu orang sekitar Rp. 1.000.000).

3. Tiba di Bandara Abdurahman Saleh Malang pukul 08:30 pagi dan menggunakana taxi daerah dengan tujuan Tumpang (Mencari penginapan dan penyewaan Jeep untuk perjalanan ke puncak Gunung Bromo, ongkos taxi Rp. 60.000).

4. Pukul 10:30 sampai dipenyewaan jeep dan secara tidak sengaja disebelah penyewaan terdapat penginapan Home Stay untuk mengistirahatkan tubuh yang belum tidur dari semalam (Biaya sewa penginapan Rp. 250.000 permalam).

5. Bertepatan hari Jum’at, Sholat Jum’at di Masjid Besar Tumpang Kabupaten Malang dan dilanjutkan dengan makan siang diwarung pinggir jalan depan Bank Jatim (Untuk tiga orang Rp. 40.000) enak tenan masakane cak...

6. Setelah selesai makan siang dilanjutkan berjalan kaki menuju situs Candi Jago yang tidak jauh dari Masjid Besar Tumpang kira-kira 500 m. Situs Candi Jago pada bagian tengah sudah rusak namun masih bisa kita nikmati keindahannya. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke komplek Candi Jago karena tidak nampak penjaga sehingga orang bebas keluar masuk ke situs candi.

7. Setelah puas di Candi Jago perjalanan dilanjutkan ke Situs Candi Kidal yang berada di Desa Kidal. Jaraknya lumayan jauh sekitar 10 kilo. Jika anda ingin mengunjungi Candi Kidal usahakan pada pagi hari, karena jika sudah lewat jam 1 siang sudah tidak ada angkutan yang lewat. Namun jika anda cukup beruntung bisa nebeng mobil pick up yang lewat. Bisa juga naik andong jika ada yang lewat dengan ongkos Rp. 50.000 pulang pergi. Jam 4 sore kembali ke penginapan untuk beristirahat menunggu jam 01:00 malam untuk melanjutkan ke Gunung Bromo dengan sewa jeep Rp. 1.000.000

8. Pukul 01:00 malam chek out dari penginapan, dengan menggunakan jeep yang sudah kita sewa sebelumnya. Jam 4 Shubuh kita sampai dilokasi Penanjakan untuk melihat Sunrise (perlu diperhatikan untuk sahabat penting membawa jaket tebal jika menuju ke Penanjakan, karena suhu udara yang sangat dingin) namun tidak perlu khawatir jika sahabat masih berasa dingin di kawasan Penanjakan terdapat penyewaan jaket dan sarung tangan, sewa jaket Rp. 15.000/ orang, dan sarung tangan Rp. 10.000

9. Pukup 06:00 pagi turun dari lokasi Penanjakan dan dilanjutkan ke padang sabana pasir gurun Tengger. Dari parkit jeep ke lokasi tangga ke puncak kawan Gunung Bromo kurang lebih 5 kilo, untuk yang kurang kuat dalam perjalanan ke atas bisa menggunakan kuda yang disewakan disekitar gurun Rp. 50.000 sampai bawah tangga. Menikmati puncak Gunung Bromo setelah menaiki anak tangga yang cukup curam sehingga harus berhati-hari karena anak tangga sedikit tertimbun pasir.

10. Jam 07:00 pagi makan diwarung yang sudah banyak berjualan di padang pasir Tengger satu kali makan Rp. 10.000 enak juga masakannya.

11. Jam 08:00 pagi kembali menyusuri padang pasir Tengger dan melewati hutan untuk kembali ke Tumpang, dalam perjalanan pulang terdapat air terjun dalam bahasa setempat bernama “Coban” air terjun bernama Coban Pelangi dengan tiket masuk Rp. 7.500/ orang. Hati-hati jika anda mengunjungi lokasi air terjun karena tempat wisata ini masih jarang dikunjungi maka masih banyak lumut hijau.

12. Dari posko jeep yang berada di Tumpang, setelah meninggalkan Coban Pelangi, kita melanjutkan perjalanan naik angkot dari Tumpang ke Terminal Arjosari Rp. 30.000 untuk 3 orang, dari Terminal Arjosari sejenak menikmati makanan khas Malang tahu panjang dan minuman seperti dawet. Dari Terminal kembali menggunakan angkutan dengan tujuan Terminal Landungsari, dari Terminal Landungsari naik bis ¼ dengan tujuan Pare di Kediri untuk singgah dirumah Sahabat Nanang untuk menginap.

13. Jam 18:00 lewat dari jam boarding pesawat sendiri dengan tujuan Bandara Ahmad Yani Semarang berpisah dengan dua sahabat langsung pulang ke Jakarta. Dari Bandara Ahmad Yani Semarang ngeteng naik travel dengan tujuan Jatirejo Ampelgading Pemalang. Terimakasih banyak buat mas Retno atas jalan-jalan gratisnya.

Penyewaan Jeep
Base Camp Tumpang
Makan Siang di Emperan Jalan

Candi JagoTumpang Malang

Candi JagoTumpang Malang

Candi JagoTumpang Malang
Penginapan
Lokasi Sun Rise di Penanjakan

Pelataran Parkir Gunung Bromo
Pelataran Kuil

Pelataran Kuil

Gunung Batok & Gunung Bromo

Coban Pelangi
Bandara Juanda Surabaya

Gate 6 Penerbangan Ke Semarang


Sumber : Pengalaman Pribadi (Fandi Firmansyah, Retno Slamet Riyadi, Dedy Susilo) oktober 2014

Tidak ada komentar:
Write Komentar
Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter