0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

21 April 2016

Beberapa Gerakan Senam Di Air

Senam tidak hanya dapat kita lakukan ditanah lapang saja, tetapi bisa juga kita lakukan dikolam renang. Cukup banyak gerakan senam yang bisa kita lakukan di dalam air, berikut saya posting beberapa gerakan senam di air.

Berikut beberapa gerakan yang bisa anda lakukan di dalam air :

1.    Jalan Di Dalam Kolam Renang
Dalam air setinggi dada berjalan seperti biasa. Ketika sudah mencapai sisi kolam renang, anda kembali berjalan mundur ketempat sisi kolam semula. Saat berjalan mundur, usahakan lutut dan kaki diluruskan dan kaku. Kira-kira 8 sampai 10 menit lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Ilustrasi berjalan dikolam air seperti layaknya kita berjalan biasa didarat.

2.    Bergerak Berputar Pada Dinding Kolam
Dalam air setinggi dada, putarlah badan dengan menempel pada dinding kolam hingga mencapai sisi lain kolam renang. Jika anda sudah sampai di sisi kolam renang, janganlah memutar untuk kembali ke sisi awal kolam renang, akan tetapi cukup melangkah ke samping. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

Bergerak Berputar Pada Dinding Kolam


3.    Mengangkat Kaki ke Depan
Masih pada posisi berdiri ditepi kolam renang. Naikkan kaki ke depan seperti anda menendang, setinggi mungkin yang biasa anda lakukan. Lutut terkunci dan kaki yang lain lurus dengan tumit ke bawah. Punggung tetap lurus, jangan condongkan badan ke depan atau kebelakang ketika menendang.
a. Mengangkat Kaki ke Depan

b. Mengangkat Kaki ke Depan

4.    Mengayunkan Kaki ke Samping
Masih pada posisi berdiri, tempelkan punggung disisi kolam renang. Untuk menjaga keseimbangan tubuh dalam kolam renang maka lengan dan siku pada posisi ditepian kolam renang. Naikkan salah satu kaki setinggi mungkin, dan ayunkan ke arah luar menjauhi badan anda, lalu ayunkan kembali menyilang badan dalam satu gerakan terus menerus. Lutut lainnya lurus dengan telapak kaki bertumpu penuh pada dasar kolam. Saat anda melakukan gerakan ini, punggung tetap menempel pada dinding kolam renang dan jangan sampai pantat terlepas dari dinding kolam. Setidaknya 20 sampai 30 gerakan harus anda lakukan, kemudian ganti dengan kaki lainnya.

a. Mengayunkan Kaki ke Samping


b. Mengayunkan Kaki ke Samping

5.    Berdiri –Jongkok – Berdiri   
Posisi ini harus anda lakukan di tengah-tengah kolam renang yang ketinggian airnya sekita 90 sampai 120 cm. Kedua kaki menunjuk ke depan dan terbuka selebar 10 – 15 cm. Jongkoklah sejauh mungkin yang bisa anda lakukan dengan enak sementara tumit tetap menempel ke dasar kolam. Latihan ini lebih menitik beratkan pada kedua lengan dan kaki anda.

a. Berdiri –Jongkok – Berdiri

b. Berdiri –Jongkok – Berdiri

Cobalah beberapa gerakan diatas ketika anda berkunjung tempat pemandian, anda tidak hanya sekedar mandi saja akan tetapi bisa  mendapatkan keuntungan untuk olahraga. Semoga bisa memberikan hasil yang baik dalam refleksi tubuh.


Sumber : Majalah Intisari.Januari.2001

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter