0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

10 November 2015

7 Tanda Mengantuk Yang Harus Anda Hindari


Kegiatan yang kita kerjakan tentunya akan maksimal jika kondisi lebih fit, ketimbang  kondisi kegiatan yang kita lakukan saat mengantuk. Akibat rasa kantuk, tentunya akan berimbas pada penurunan konsentrasi, kewaspadaan serta refleks. Konsekuensinya, orang yang mengantuk dalam melakukan pekerjaan akan lebih sering melakukan kesalahan yang berpengaruh pada akurasi hasil akhirnya.


Ketika Anda sedang berkendara pasti dibutuhkan konsentrasi yang tinggi, sehingga tidak memungkinkan bagi Anda yang mengantuk untuk membawa kendaraan dalam kondisi mengantuk. Namun tak jarang orang memaksakan diri untuk berkendara padahal tau bahwa berkendara membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk menghindari bahaya kecelakaan.

dr. Andreas Prasadja seorang Dokter Spesialis  Kesehatan Tidur dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran menuturkan, berkendara saat mengantuk sangat berbahaya dengan mengemudi saat mabuk. Kecelakaan yang sering terjadi juga banyak dari kejadian orang mengantuk dua kali lipat dibandingkan jumlah kecelakaan akibat kendaraan yang tidak baik kondisi mesinnya, dan tiga kali lipat dibandingkan dengan jalan yang tidak layak.

Banyak orang tidak menyadari dari konsumsi stimulan seperti kafein dan nikotin yang dapat menunda rasa kantuk, begitulah dr. Andreas menuturkan. “Stimulan konon dapat mengatasi kantuk, padahal itu hanya dapat menundanya saja,”

Andreas pun memperlihatkan tanda-tanda klinis yang perlu diperhatikan saat akan atau saat kita sedang mengemudi. Jika Anda mengalami tanda-tanda seperti uraian dibawah ini lebih baik Anda mengurungkan niattan untuk berkendara :

1.    Berulang Kali  Anda Menguap
Menguap merupakan tanda mengantuk yang umum, yang menandai otak mulai kekurangan oksigen.

2.    Kehilangan Konsentrasi
Anda mulai sulit untuk fokus  terhadap suatu kegiatan yang Anda lakukan. Anda juga sering memikirkan hal-hal lain diluar apa yang seharusnya Anda pikirkan alias menerawang.

3.    Melanggar Peraturan
Terutama saat mengemudi, orang yang ngantuk sering melanggar tanda-tanda rambu lalu lintas, melewati jalur, dan melakukan beberapa pelanggaran lain.

4.    Mata Lebih Sering Berkedip
Pada mata Anda akan merasa pedih dan frekuensi berkedip semakin sering.

5.    Sulit Menjaga Kepala Tetap Tegap
Kepala Anda merasa berat dan lebih ingin disandarkan.

6.    Tidak Sadar Melewati Jalan
Ketika berkendara, begitu tersadar Anda terkejut karena sudah melewati jalan tertentu.

7.    Mudah Terpancing Emosi
Gampang marah dan tersinggung adalah salah satu tanda Anda mengantuk.


Sumber : http://tiket-murah-online.blogspot.co.id/2013_04_01_archive.html

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter