0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

27 Oktober 2015

Relaksasi Termudah dan Termurah


Konon, relaksasi bisa mengubah stress menjadi gairah hidup. Apalagi relaksasi pernapasan bisa dilakukan pada situasi tidak memungkinkan. Misalnya dalam kendaraan yang terjebak kemacetan lalu lintas atau ban mobil pecah di jalan yang ramai, tegang dan jenuh karena lama menunggu bus, atau jengkel harus menyelesaikan setumpuk pekerjaan.

Caranya, duduk tegak tetapi rileks. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan-lahan, lebih baik dengan mata terpejam. Ulangi tiga, empat kali, atau lebih. Rasakan hangat-dinginnya aliran udara yang keluar-masuk menyentuh rongga hidung. Setelah beberapa kali melakukan, seseorang akan mampu mengontrol pernapasannya. Kenali pola pernapasan Anda kala stress, jengkel, atau tegang. Semakin terampil merasakan aliran  udara melalui saluran napas, semakin mahir Anda dalam mengontrol pernapasan.

Maka, Anda bisa mengubah suasana emosi menjadi lebih tenang dan rileks, kapan saja. Dengan mengatur pola napas, Anda akan menemukan celah keluar dari keadaan paling menyesakkan sekalipun. Ruang hidup Anda makin luas dan semangat hiduppun bertambah. Logikanya, saat stress, tegang, atau emosi labil, pernapasan menjadi buruk, pendek, dan tersengal-sengal. Asupan oksigen ke paru-paru tidak kuat sehingga mempengaruhi kadar oksigen dalam darah.

Akibatnya, sel-sel tubuh, termasuk sel-sel otak, kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen di sel-sel otak akan mengacaukan aktivitas tubuh dan emosi. Dengan menarik napas dalam-dalam, pasokan oksigen ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan sel-sel otak dan tubuh kita. Ini metode relaksasi termudah dan murah. Karena kita bernapas setiap saat sejak lahir, sedangkan udara yang dibutuhkan tersedia di sekitar kita.

Ada pendapat, latihan ini meningkatkan kebijaksaan. Mungkin benar. Dengan latihan ini kita dapat mengendalikan emosi dan menunda kemarahan sebelum memutuskan tindakan yang lebih bijaksana. Selamat mencoba!

Tak ada orang yang berpikir dirinya setua penampilannya. E.W Howe


Sumber : Sidharta Susila.Intisari.Agustus.2001

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter