0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

12 Oktober 2015

Rahasia Menjaga Berat Badan


Penyakit menakutkan seperti jantung, kolesterol, hipertensi, stroke, diabetes, sering di identikan dengan penyakit orang gemuk. Meskipun tidak mutlak, pada umumnya penyakit yang diderita pada mereka yang kelebihan berat badan. Masalahnya, banyak orang tidak mau tahu untuk menghindari resiko penyakit tersebut, kecuali mereka yang sudah mengalaminya.

Diet Cara Alami
Mengapa tubuh kegemukan?
Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan kurang makanan berserat tinggi. Sehingga semua lemak yang masuk ke usus di serap habis oleh tubuh. Solusi yang aman adalah diet secara alami. Diet cara alami ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan low fat higs fiber. Boleh mengurangi porsi makan, tetapi jangan sampai tidak makan. Karena setiap hari tubuh perlu vitamin, protein, karbohidrat dan serat.

Kurangi makanan berlemak dan manis. Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat dan bisa ditambah suplemen serat. Dan pastikan kebutuhan 25-35 gram serat terpenuhi setiap hari. Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa banyak mengkonsumsi serat, diikuti diet lemak dan gula menurunkan berat badan 0,25-0,50 kg/minggu. Kita ketahui bahwa serat tidak diserap oleh tubuh.

Serat hanya membantu proses di saluran pencernaan. Dalam membantu diet serat berfungsi :
1. Menyerap kalori (seperti lemak dan gula) yang masuk bersama makanan dan dibuangnya bersama kotoran, tanpa mengurangi zat-zat gizi lain didalam usus.
2. Menurut Dietary Fiber and Body Weight Management (Charles T.Bonfield dari Virginia) serat psyllium husk dapat menurunkan energi yang berasal dari lemak dan gula hingga 100-200 Kcal per hari.
3. Mengurangi rasa lapar. Memperlambat proses penghancuran (pengosongan lambung). Sehingga mengkonsumsi makanan berserat juga sangat membantu orang berpuasa.

Maka, laksanakan program diet ini secara alami tanpa resiko. Hanya dengan menambah konsumsi serat seperti penjelasan diatas.
Akibat Kurang Serat.
Kebutuhan serat setiap hari harus dipenuhi, karena kekurangan serat dalam jangka panjang bisa mengakibatkan :
1. Sulit menjaga berat badan, karena lemak yang masuk bersama makanan di serap oleh tubuh.
2. Buang air besar tidak lancer, tidak setiap hari, keras, kasar, dan sukar didorong keluar sehingga perlu ditekan dengan kuat. Hal ini mengakibatkan wasir (hemarroid) dan varises (vena varicose).
3. Diverticulitus, yakni pembengkakan pada usus besar.
4. Kolestrerol tinggi yang berakibat sakit jantung koroner.
5. Timbulnya zat-zat carcinogen (penyebab kanker) yang masuk ke usus bersama makanan.

Penuhi Kebutuhan Serat Setiap Hari
Rata-rata konsumsi serat hanya 10 gram per hari. Padahal kebutuhan sari serat dewasa 25-35 gram per hari. Serat sejumlah tersebut bisa diperoleh bila setiap orang mengkonsumsi minimal :
1. 2-3 porsi nasi dari bebas tumbuk yang masih ada kulit ari, dan
2. 1-2 porsi biji-bijian seperti kacang panjang, kedelai, lady finger,kacang hijau, buncis, dan
3. 5-6 porsi sayur dan buah-buahan, dan
4. 8-10 gelas air minum.

Sayangnya di jaman modern ini, semakin sulit mencari makanan berserat tinggi. Selain itu, ada kecenderungan orang memilih makanan modern yang praktis, enak, mudah di awetkan tetapi rendah serat.

Tips Diet :
1. Mengikuti cara diet yang benar dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak/berminyak seperti gorengan, kacang tanah, alpukat, durian, kuning telur, kelapa, daging, jeroan, susu, mentega dan sejenisnya.
2. Selama proses diet, minum serat 3 bungkus sehari, minum saat pertengahan makan.
3. Berolahraga secara teratur 3 kali seminggu selama 30-60 menit.
4. Memperbanyak makan makanan berserat (sayur/buah), mengurangi makanan manis dan berkarbohidrat tinggi.
5. Usahakan berat badan turun bertahap secara alami. Karena terlalu cepat turun, akan cepat naik kembali dan semakin sulit diturunkan lagi. Hindari pemakaian “obat pengurus” yang membawa efek samping dalam jangka panjang.

Demikian tips dan cara menjaga berat badan, semoga menjadi tambahan bacaan serta wawasan bagi yang ingin melakukan diet.


Sumber : Tips Diet. Majalah Intisari Agustus 2001

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter