0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

8 Oktober 2015

Kecil Bentuknya, Besar Akibatnya


Itulah batu kecil yang menyangkut di ginjal, atau di saluran kemih, yang dapat membuat Anda sangat tersiksa. Rasa nyeri dan panas, akan Anda rasakan di sekitar pinggang dan perut bagian bawah. Jika buang air kecil, tersendat dan nyeri campur pedih rasanya. Jangan sampai ini terjadi pada Anda.

Di dalam tubuh manusia, ginjal berfungsi sebagai saringan darah untuk membuang zat-zat yang tidak berguna, serta menyerap kembali yang masih berguna. Begitu berat pekerjaan yang dilakukan oleh ginjal, maka setiap manusia dikarunia sepasang ginjal oleh Allah SWT. Jika tidak berfungsi baik, ginjal tidak akan mampu membuang bahan-bahan yang bersifat racun bagi tubuh. Hal ini lama-kelamaan akan menggangu kinerja tubuh yang lain, dan bisa berakibat fatal.

Penyebab Batu Ginjal
Batu ginjal terbentuk oleh endapan cairan dalam tubuh yang memiliki sifat mengkristal. Secara umum, hal ini karena seseorang kurang memperhatikan keseimbangan menu makanan hariannya, atau yang aktivitas sehari-harinya banyak mengeluarkan cairan tubuh (keringat),dan kurang minum. Mengkonsumsi makanan-minuman dengan kejenuhan mineral & kandungan garam berlebih, berkalsium tinggi, serta mengandung banyak zat kapur, akan dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Batu ginjal juga bisa berbentuk karena adanya kelainan metabolisme asam amino cysteine, hingga membentuk Kristal cysteine. Bagi mereka yang memiliki kadar asam urat tinggi, sangat berpotensi terkena batu ginjal.

Gejala Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal belum menampakkan gejala jika batu masih belum besar. Jika endapan sudah semakin besar, dan menutupi saluran ureter, kandung kemih, dan saluran uretra (saluran kencing), baru akan timbul keluhan. Batu yang mengendap di ginjal, kemudian turun ke kandung kemih melalui saluran ureter, dan menimbulkan rasa nyeri di pinggang sampai bagian di atas kelamin. Ketika batu turun lagi ke saluran ureter, akan membuat rasa nyeri luar biasa saat kencing. Batu yang tersangkut dapat menimbulkan luka bagai di silet. Gejala umumnya adalah timbul rasa nyeri pada pinggang, perut bagian bawah dan sekitar kelamin. Kencing tersendat, sering anyang-anyangan dan air seni pernah berwarna merah darah, bahkan berbau. Kadangkala gejala itu disertai demam menggigil dan muntah-muntah.

Pencegahan dan Pengobatan
Agar tidak timbul penyakit batu ginjal, penderita harus banyak mengkonsumsi air putih, minimal 8 gelas sehari, hindari berlebihan minum teh, kopi kental, berlebihan makan bayam, buncis,  kangkung, kacang-kacangan, daging kambing, jeroan, makanan dan minuman berkalsium tinggi. Kurangi mengkonsumsi makanan berkadar garam tinggi. Jangan terlalu menahan kencing karena hal itu akan membuat terbentuknya Kristal batu. Kebanyakan batu ginjal sebenarnya bisa keluar sendiri, namun juga ada batu yang sulit keluar, bahkan ukurannya semakin membesar.

Jika sudah terlanjut, biasanya dilakukan operasi batu ginjal yang tentu perlu biaya besar. Sebelum sampai ke tindakan medis, penyembuhan bisa dilakukan dengan obat. Umumnya obat batu ginjal yang beredar di pasaran hanya berusaha mengeluarkan batu ginjal dengan cara memperbanyak air kencing, dan biasanya juga tidak mencegah terbentuknya lagi batu ginjal. Pengobatan penyakit batu ginjal, idealnya tentu dengan menghancurkan batu, mengatasi rasa nyeri, dan mencegah batu timbul kembali.

Obat Batu Ginjal Ideal
Obat dengan kandungan alami dari tumbuh-tumbuhan, tentunya akan lebih baik dalam mengobati batu ginjal. Obat yang dibuat dengan bahan asli alami, seperti minyak alami tumbuhan, dan sulfur yang memberikan efek melarutkan batu ginjal. Beberapa jenis minyak eter (Oleum Juniperi, Terebinthinae, Menthaepiperitae), dan asam lemak esensial yang berfungsi sebagai penghilang rasa nyeri dan kejang, membesarkan saluran ureter (agar batu dapat mudah keluar), meningkatkan peran koloid pelindung (glycuronoids) sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal kembali, serta meningkatkan kecepatan pembuangan urine. Seperti itulah ciri-ciri obat yang baik dalam menghilangkan batu ginjal yang Anda alami.

Penyakit batu ginjal dapat menimpa siapa saja, baik laki-laki maupun perempua. Tentunya mencegah lebih baik dari pada mengobati, apalagi sampai operasi. Perhatikan setiap membeli obat batu ginjal dengan resep yang sudah di anjurkan. Apabila sakit masih berlanjut, segera ke dokter.

Semoga bermanfaat artikel tentang batu ginjal ini untuk Anda.


Sumber : Majalah.Intisari.Agustus.2001

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter