0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

18 September 2015

Manfaat Tes Psikologi Bagi Anak dan Orang Tua


Diantara para pembaca tentu tidak ada yang mengenal istilah IQ dan Psikotes. Ada kesan bahwa kedua istilah ini malah popular dengan nama psikologi itu sendiri. Sedikitnya lima belas tahun terakhir ini permintaan akan jasa psikologi, berupa jasa psikotes, terutama di bidang jasa psikotes, terutama dibidang pendidikan  terasa meningkat. Banyak sekolah yang mensyaratkan calon muridnya untuk di psikotes dulu sebelum diterima di sekolah itu.

Kebanyakan orang mengartikan IQ sebagai suatu kemampuan dari seseorang yang dijadikan patokan untuk meramalkan keberhasilannya di masa mendatang. Benarkah demikian ? Apa manfaatnya tes psiokologi bagi anak dalam bidang pendidikan ? Apa manfaat tes psikologi bagi orang tua itu. Pertanyaan-pertanyaan diatas secara berturut-turut akan kita bahas secara terperinci dibawah ini.

Manfaat Tes Psikologi Bagi Anak :
1. Meningkatkan Proses Dan Pengalaman Belajar Siswa.
Karena hasil tes intelegensi dapat memberikan gambaran tentang status intelegensi siswa, maka hal ini akan dapat membantu siswa dalam mengenal kekuatan dan kelemahan diriya. Seseorang yang mengenal dirinya tidak akan memiliki konsep. Ciri yang salah tentang dirinya, dengan demikian perencanaan belajar dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa itu juga pengembangannya.

2. Menciptakan Teknik Belajar Mengajar Yang Efektif.
Tujuan yang kedua ini dapat kita golongan pada hasil pemanfaatan hasil tes intelegensi, guru dapat mengetahui kecepatan belajar siswanya, sehingga guru dapat menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif bagi siswa.

3. Mendukung Kegiatan Bimbingan Dan Konseling.
Hasil tes intelegensi yang dilengkapi dengan tes prestasi belajar terutama ditujukan kepada siswa yang mengalami kesalahan/kesulitan belajar. Hasil pemeriksaan ini membantu pendidikan dalam upaya memberikan bantuan “REMEDIAL TEACHING” bagi siswa yang bersangkutan.

4. Hasil pemeriksaan psikologik dapat dipakai guru untuk mengurangi hambatan belajar yang bersumber pada sekolah dan proses belajar mengajar itu sendiri.

Manfaat Tes Psikologi Bagi Orang Tua :
1. Orang tua dapat menyalurkan anak di bidang yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
2. Orang tua mengenal kelemahan anak, sehingga diharapkan tidak memaksakan kehendaknya bila anak ternyata memang tidak mampu.
3. Dengan mengetahui kekurangan anak, orang tua dapat melakukan intervensi pada aspek-aspek tersebut dengan cara memberikan perangsang yang dibutuhkannya.

Demikian beberapa manfaat psiokologi untuk anak dan orang tua yang saya sajikan, semoga dari artikel ini kita lebih mengenal diri pribadi serta anak, sehingga dapat menjadi bahan tuntunan dalam pengembangan kepribadian. Semoga bermanfaat.


Sumber : Majalah Krida edisi 175
Gambar : http://www.blogpsikologi.com/artikel/gambar-animasi-orang-nyusu-animasi.html

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter