0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

29 September 2015

Faktor Penunjang Kreativitas Anak


Setelah tahu bagaimana Anda tahu bagaimana merangasang kreativitas anak Anda, tentu akan lebih baik lagi apabila kita mengetahui kreativitas anak dapat terus berkembang, maka sebaiknya Anda menciptakan kondisi pendukung antara lain :

1.    Sarana dan Fasilitas.
Pemenuhan sarana dan fasilitas anak sangat dibutuhkan dalam pengembangan bereksperian dan melakukan eksplorasi atas imajinasi maupun ide-idenya. Pada anak super kreatif, berikan sarana dan fasilitas lebih banyak sehingga dia bisa mengekspersikan dirinya lebih besar lagi.

2.    Penghargaan.
Belajar menghargai dari bentuk kreativitas anak juga menjadi proses belajar menjadi orang tua, baik berupa gagasan-gagasan maupun percobaan-percobaan yang dilakukan anak dan buah karya anak. Ini akan memacu anak untuk terus berkreasi.

3.    Informasi.
Perkembangan dan pengarahan minat anak dalam memenuhi rasa ingin tahunya dapat ditambahkan dengan pemberian banyak informasi.

4.    Dorongan.
Selaku orang tua kita harus mendorong anak untuk kreatif dan bebas dari ejekan maupun kritik yang tidak membangung. Anak juga perlu didorong dan dibebaskan mengeskpresikan dirinya secara simbolik. Dalam hal ini saat anak marah, biarkan dia menuangkan kemarahannya lewat gambar atau nada sehingga emosinya tersalur menjadi suatu kreativitas yang positif.

5. Waktu.
Tidak adanya kekangan dalam menuangkan kretivitas anak menjadikan anak memiliki waktu luang yang cukup. Waktu yang terbatas membuat anak tidak leluasa bermain-main dengan ide-idenya dan menuangkannya dalam bentu karya kreatif.

6. Biarkan Anak Menempuh Risiko
Peranan orang tua sebaiknya jangan terlalu melindungi anak atau tidak bersikap posesif terhadap anak, akan mendorong anak untuk mandiri dan percaya diri (dua kualitas yang sangat mendukung keativitas). Kebebasan yang kreatif adalah keseimbangan antara memegang aturan secara bertanggungjawab dan kesempatan bertualang yang sesuai ke alam yang belum dikenal.

7.    Kesempatan Menyendiri.
Anak membutuhkan waktu dan kesempatan menyediri untuk mengembangkan kehidupan imajinatif yang kaya. Selaku orang tua kita patut waspada. Bila anak lebih banyak menghabiskan waktunya bahkan sampai berjam-jam untuk menyendiri tanpa melakukan kegiatan apa-apa, ini tidak sehat.

8.    Tidak Membedakan Jenis Kelamin Anak.
Biarakan anak perempuan Anda bersikap tegas dan mengambil inisiatif. Sebaliknya, beri kesempatan pada anak laki-laki untuk menumpahkan emosinya dan berperasaa tajam. Ini salah satu cara sehat untuk mengembangkan kretivitas anak.


Sumber : Tiara 131. Mei 1995
Gambar : http://ahimzafatihdua.blogspot.co.id/2011_11_01_archive.html

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter