0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

6 Agustus 2015

Tips Merawat Kamera Dengan Baik

Anda punya hoby sebagai fotografer? Kalaupun tidak jika Anda mempunya sebuah kamera digital jangan hanya mengetahui cara menggunakan kamera dengan berbagai fiturnya, tetapi Anda juga harus mengetahui cara merawat kamera Anda dengan baik. Apabila perawatan kamera secara baik tentu akan sangat membantu dalam menjaga kamera tetap awet.

Nah tips seperti apa yang baik dalam menjaga kamera Anda agar tetap maksimal dalam penggunaanya? Mari kita simak tips dibawah ini.

Hindari Kontak Langsung Dengan Sinar Matahari
Rawatlah kamera digital anda dengan mengindari sinar matahari secara langsung dan berlebihan atau istilah lainnya dijemur. Jika kamera digital anda terlalu lama terkena sinar matahari langsung dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet serta komponen elektronik lainnya karna penyebabnya adalah panas yang tinggi dari sinar matahari tersebut.

Bersihkan Kamera Dan Lensa
Dalam membersihkan kamera lebih baik dalam kurun waktu satu minggu sekali atau seacara berkala dan teratur. Untuk bagian fisik kamera pergunakan lap kering  yang bersih dan tak kasar. Sedang untuk bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera.

Hindari Goresan Pada Lensa
Untuk lensa yang mempunya fitur ulir yang terpasang permanent dibagian depannya sebaiknya dihindarkan dari goresan. Filter yang sudah umum digunakan sebagai pelindung adalah jenis UV ( ultraviolet ) atau filter skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan dibagian belakang lensa usahakan selalu memasang bodycup penutup saat lensa dilepas dari badan kamera dan yang terakhir.

Servise Kamera Anda Secara Berkala Dalam Kurun Waktu Tertentu
Tentu perawatan yang maksimal perlu anda lakukan dengan membawa kamera digital anda ke tempat khusus, sudah dipercaya dan malah lebih bagus yang resmi. Jangan menunggu kamera rusak baru kemudian di servise. Pengertian servise yang baik adalah “Servise Besar”,  yang meliputi pembersihan bagian dalam kamera, seperti pembersihan lensa dari jamur yang menempel atau juga penyesuaian setelan-setelan utama kemera.

Dalam perkembangan teknologi kamera yang sudah seperti sekarang ini, tentu akan lebih bijak ketika anda juga belajar bagaimana cara merawat kamera digital yang nantinya akan anda beli. Walau bukan barang mewah namun menjadi kebanggan tersendiri bagi anda ketika anda bisa menjaga sekaligus merawatnya agar terhindar dari kerusakan dan berumur panjang. Semoga bermanfaat tips bagaimana menjaga kamera digital dengan baik.


Sumber : Jago Fotografi Digital dan Pengeditan Foto

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter