0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

24 Agustus 2015

Teh Manis Minuman Penambah Asi Bagi Ibu Menyusui


Bagi anda ibu yang baru melahirkan, sudah barang tentu menjadi kewajiban menyusui bagi bayinya. Air susu ibu (ASI) yang cukup akan membantu perkembangan otak si bayi, pertumbuhan tinggi badan dan bobot bayi serta menambah kekebalan tubuh bayi itu sendiri. Sangat disayangkan apabila pemberian ASI sering terkendala lemahnya para ibu dalam menyusui. Terutama bagi para ibu yang sehari-hari harus bekerja di luar rumah.

Bagi para ibu yang baru melahirkan anak pertamanya akan menjadi kendala untuk menyusui anaknya. Tatkala anak masuk bulan keempaat, produksi ASI mulai tidak mencukupi. Tidak jarang si buah hati menangis tatkala air susu ibu keluar hanya sedikit. Untuk para ibu tentu akan menderita karna kesakitan pada bagian payudara pada waktu anak tetap menghisap putting susu ibunya meskipun ASI sudah tidak keluar lagi.


Dari pengalaman seorang ibu, ketika anak kedua lahir ibu tersebut berusaha dengan keras agar ASI tetap mencukupi kebutuhan ASI si kecil. Ada baiknya ketika disela-sela waktu luang si ibu bisa pulang sebentar untuk menyusi si anak hal ini dapat dilakukan dengan syarat jarak kantor dengan rumah dekat, atau jika si ibu punya keinginan memberikan ASI walau jarak sangat jauh berdasarkan kebutuhan si anak itu juga baik. Dengan cara ini pemberian ASI tetap berlangsung  kedekatan tetap terjaga antara ibu dan bayi.

Untuk itu, bagi ibu diharapkan mempunyai prinsip akan gizi dan jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi juga mempunyai peran yang sangat penting. Dalam mencukupi kebutuhan bayi dan sang ibu, sang ibu diharapkan makan secara teratur dengan kuantitas dan kualitas lebih dari ibu-ibu yang tidak  menyusui. Dalam sehari konsumsi minum paling tidak 11 gelas untuk mendukung proses pembentukan ASI.

Tentu yang lebih penting, sebelum dan setelah menyusui bagi ibu selalu minum Teh Manis hangat ditambah dengan beberapa potongan kue kering. Manfaat dari itu, tentu sang bayi akan merasa menikmati sekali ASI yang sedang diminumnya setiap kali menyusu. Sang bayipun akan segera melepaskan putting susu sang ibu begitu ASI habis karena sudah kenyang.

Bagi anak-anak tidak ada kebahagiaan lain  yang melebihi membuat gaduh. Begitula filosofi dari Frederick W. Faber. Semoga artikel ini menjadi bermanfaat untuk anda para ibu yang baru melahirkan.



Sumber : Tri Hendrati Heny Windarsih. Intisari. Agustus. 2001
Gambar : http://www.ceriwis.com/forum/showthread.php?t=1032378

1 komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter