0817-640-3452

Ampelgading - Pemalang 52364, INA

10 Agustus 2015

Fotografi Digital dan Hal Terpenting di Dalamnya

Ada banyak hal yang terpenting menyangkut hasil sebuah foto dan itu menjadi bagian terpenting dari teknik fotografi digital, pengaturan beberapa variabel pada kamera agar foto yang di hasilkan sesuai dengan harapan tidak Over exposure maupun Under. Dan hal yang penting di dalam Fotografi Digital melliputi :

1. Kamera Digital
Alat yang digunakan dalam fotografi digital, digunakan untuk merekam gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa dan dterima oleh sensor CMOS atau sensor CCD dan selanjutnya  hasil dari fotografi direkam dalam format digital ke dalam media penyimpan digital.

2. Resolusi Gambar
Tingkat detil yang ditangani suatu piranti saat menampilkan suatu citra grafis atau foto atau gambar. Resolusi sebuah lensa (ketajaman) sama dengan Resolusi gambar. Semakin tinggi suatu resolusi, maka makin halus (tajam) rincian yang bisa dilihat. Tampilan grafis dengan ukuran besar dan memiliki kualitas yang baik, akan memerlukan resolusi yang tinggi. Hal ini mengakibatkan pengolahan gambar beresolusi tinggi menuntut komputer bekerja keras karena semakin tinggi resolusi dari suatu gambar yang dihasilkan maka memerlukan mesin dengan kemampuan yang lebih baik lagi untuk mengasilkannya.
Penggunaan resolusi standar dari kamera digital, antara lain :
  • 256 x 256 piksel. Resolusi ini sering kita jumpai pada edisi awal kamera digital. Namun kualitas fotonya tidak memenuhi standar cetak. Jumlah piksel pada resolusi ini yakni 65.000 piksel.
  • 640 x 480 piksel. Resolusi terendah untuk standar certak kamera. Resolusi biasa yang digunakan untuk tampilan standar web baik digunakan pada homepage atau untuk saling berkirim foto melalui email. Jumlah piksel pada resolusi ini 307.000 piksel.
  • 216 x 912 piksel. Resolusi yang standar terendah dari megapiksel. Resolusi yang cukup bagus untuk di cetak dalam format standar. Jumlahnya adalah 1.109.000 piksel.
  • 600 x 1200 piksel. Resolusi yang terakhir memiliki jumlah piksel hampir 2.000.000 piksel. Dengan resolusi tersebut anda bisa mencetak dengan ukuran 10R. Resolusi kamera digital pada saat ini sudah melampui 10.000.000 piksel.
3. Digital Zoom
Zoom maknanya adalah pembesaran gambar dari objek yang telah tertampil oleh lensa (optik) atau hanya memperbesar tampilan gambar objek yang sudah ada / terbidik oleh lensa (optik) kamera, sehingga pembesaran pada suatu objek yang dilakukan oleh digital zoom tidak sebenarnya membuat jarak objek semakin dekat, akan tetapi hanya dilakukan pembesaran dari gambar objek yang sudah ada. Hal ini menyebabkan semakin kita zoom sebuah objek maka gambar objek semakin terlihat pecah.

4. Optical Zoom
Pada kamera prosumer atau poket, biasanya tersedia dua fasilitas untuk zoom yaitu digital zoom dan  optical zoom. Keduanya memang berfungsi untuk zoom : untuk mendekatkan objek sehingga objek yang ingin dibidik tampak lebih besar. Tapi walaupun tujuannya sama, cara kerja digital zoom dan optical zoom berbeda.

Digital zoom adalah fasilitas untuk memperbesar gambar menggunakan perani lunak yang ada di kamera. Simperlnya seperti : digital zoom itu sama seperti bila kita sedang menggunakan aplikasi komputer seperti photoshop untuk memperbesar objek yang kita ambil.

Optical zoom, seperti namanya, memanfaatkan panjang pendek lensa untuk mempebesar/memperkecil objek. Semakin panjang lensa, semakin besar kemampuannya untuk memperbesar objek, sehingga detail objek tetap tertangkap walau dipotret dari jarak yang jauh. Ingat ketika kita menggunakan zoom, lensa kamera kita bergerak maju mundur sesuai zoom yang kita inginkan? Itu berarti kita menggunakan optical zoom.

5. Piksel dan Megapiksel
Pengertian Piksel adalah unsur gambar, elemen terkecil sebuah gambar atau reprentasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci.

Dan Megapiksel terdiri dari gabungan dua kata, mega yang artinya jutaan atau menunjukkan satuan jutaan dan piksel sendiri titik elemen gambar, jadi singkatnya megapiksel artinya jutaan titik elemen gambar.

Suatu gambar digital dibentuk oleh ribuan titik elemen gambar tersebut. Makin tinggi jumlahnya, maka makin tinggi juga resolusi gambarnya. Jumlah megapiksel atau angka ini biasanya dipergunakan dalam menunjukkan kualitas gambar digital. Atau pada kamera digital angka megapiksel menjadi penentu kualitas foto yang akan dihasilkan oleh kamera digital tersebut.

6. CCD dan CMOS
Adalah jenis sensor elektronik yang terdapat dalam kamera digital, fungsi dari sensor elektronik adalah sebagai media penerima gambar, alat untuk mendapatkan pencitraan gambar. Letak dari sensor elektronik sendiri tepat di belakang lensa dan bentuknya berupa chip. Semakin banyak pixel yang ditangkap, semakin detail gambar yang dihasilkan.

CCD adalah singkatan dari Charge-Coupled Device adalah sensor untuk merekam gambar, sirkuit terintegrasi berisi larikan kondensator yang berpasangan atau berhubungan. Setiap kondensator dapat menyalurkan muatan listriknya ke tetangganya dan itu di bawah kendali sirkuit luar.
https://en.wikipedia.org/wiki/Charge-coupled_device
Dan CMOS adalah Complementary Metal Oxide Semiconductor sebuah jenis utama dari rangkaian terintegrasi. Penggunaan CMOS di teknologi seperti mikroprosesor, RAM statis, pengontrol mikro, dan sirkuit logika digital lainnya. Penggunaan CMOS sendir banyak dalam sirkuit analog, seperti sensor gambar, pengubah data dan trimancar terintegrasi untuk berbagai jenis komunikasi.
http://www.digitalbolex.com/global-shutter/
Teknisnya, di kamera gambar yang kita ambil dicrop sesuai keinginan kita ketika melakukan zoom. Karena dicrop, ukuran gambar tentu menjadi lebih kecil. Karena itu gambar ini lalu diperbesar dengan cara interpolasi. Di proses ini, resolusi gambar yang ada tidak bertambah. Gambar menjadi lebih besar, namun dengan resolusi yang sama dengan gambar aslinya yang lebih kecil. Jadi jangan heran jika hasil foto menggunakan digital zoom tidaklah “seindah aslinya”.


Sumber : Jago Fotografi Digital dan Pengeditan Foto

Tidak ada komentar:
Write Komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - fandi_almizan
Join Our Newsletter